Minggu, 22 Juni 2014

BUSUKNYA KEBENCIAN




Seorang Ibu Guru Kelas II Sekolah Dasar (SD) mengadakan ‘‘permainan’’ Ibu Guru menyuruh tiap² muridnya membawa kantong plastik transparan 1 buah dan kentang. 

Masing² kentang tersebut diberi nama berdasarkan nama orang yang dibenci oleh murid²nya, sehingga jumlah kentang tidak ditentukan berapa tergantung jumlah orang² yang dibenci anak² muridnya. 

Pada hari yang disepakati masing² murid membawa kentang dalam kantong plastik. Ada yang berjumlah 2 ada yang 3 bahkan ada yang 5. 

Seperti perintah guru mereka tiap² kentang diberi nama sesuai nama orang yang mereka benci dan murid²nya harus membawa kantong plastik berisi kentang tersebut kemana saja mereka pergi, bahkan ke toilet sekalipun selama 1 minggu. 

Hari berganti hari, kentang²pun mulai membusuk, murid²nya mulai mengeluh, apalagi yang membawa 5 buah kentang, selain berat baunya juga tidak sedap. Setelah 1 minggu murid² Kelas II SD tersebut merasa lega karena penderitaan mereka akan segera berakhir. 

Ibu Guru : ‘‘Bagaimana perasaan kalian setelah membawa kentang selama 1 minggu...???’’ 

Keluarlah keluhan dari murid² SD tersebut, pada umumnya mereka tidak merasa nyaman harus membawa kentang² busuk tersebut kemanapun mereka pergi. 

Sang Ibu Guru pun menjelaskan apa arti dari ‘‘permainan’’ yang mereka lakukan. 

Ibu Guru : "Seperti itulah kebencian yang selalu kita bawa² apabila kita tidak bisa memaafkan orang lain. Sungguh sangat tidak menyenangkan membawa kentang busuk kemana pun kita pergi. Itu hanya 1minggu. Bagaimana jika kita membawa kebencian itu seumur hidup...???’’


0 komentar:

Posting Komentar