Senin, 17 Februari 2014

Seorang Ulama besar yg sangat terkenal, seorang yg Alim dan 'Allamah (ahli dalam ilmu Agama serta mengamalkan ilmunya), Asy-Syeikh Abu Hasan Asy-Syadzili menceritakan kisah perjalanannya.                                                                                                                              

"Suatu hari aku memasuki sebuah hutan yg penuh binatang buas ketika menjelang Maghrib. Kuhamparkan sajadah untuk shalat. Pada waktu shalat, binatang buas yg menghuni hutan datang mengelilingiku, namun tak terlintas sedikit pun rasa takut dihatiku.
Aku bahkan merasa tenang dan tentram. Malam itu aku tidur pulas bagai di malam pengantin”

Keesokan harinya, kulanjutkan perjalananku. Menjelang malam, aku kembali memasuki sebuah hutan. Ketika memasukinya, aku merasakan sesuatu yg lain di hatiku. Aku berfikir, Semalam aku tidur dengan binatang buas di sekelilingku, namun sama sekali tak merasa takut.                                                                                                                          
Kemudian ketika aku shalat, beberapa burung kecil beterbangan di sekelilingku. Tiba timbul rasa takut yg tak mampu kukendalikan sampai tubuhku gemetaran.                                                          
                                                               
Yaa Allah.. Semalam aku tidur pulas tanpa rasa takut walau di kelilingi begitu banyak binatang buas. Tetapi, mengapa malam ini aku merasa takut sekali hanya karena mendengar suara kepakan sayap beberapa ekor burung kecil kataku dalam hati.                                                      
                                                               
Tiba-tiba terdengar bisikan (di hatiku), "SEMALAM KAU MEMASUKI HUTAN BERSAMA , MALAM INI KAU MEMASUKI HUTAN BERSAMA NAFSUMU !".                                                              

Aku pun lalu beristighfar memohon ampun.

0 komentar:

Posting Komentar