Selasa, 17 Desember 2013

Bergaul Dengan Orang Saleh

Firman اَللّهُ سبحانه وتعالى, "Orang² BERIMAN itu sesungguhnya bersaudara. Sebab itu, perbaikilah hubungan antara kedua saudaramu itu dan bertaqwalah kepada اَللّهُ, supaya kamu mendapat rahmat" (QS. Al-Hujurat, 49:10)

Perlu diingat, jangan sekali² menyinta dan bersahabat dengan selain orang² yg bertaqwa kepada اَللّهُ, yg berilmu dan berzuhud di dunia dari para hamba² اَللّهُ yg saleh dan para pecinta-Nya yg Mukminin.

Sebab, seseorang itu akan bersama orang yg dicintainya di dunia dan akherat, sbagaimana disebutkan dalam sbuah hadist shahih.

Sahabat Anas bin Malik رضي الله عنـه juga berkata, bahwa Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, "Kelak seseorang akan dikumpulkan bersama yg ia cintai" (HR. Bukhari)

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم pernah bersabda, "Seseorang itu (dinilai) dengan siapa ia duduk bersama, dan seseorang itu (diukur) dengan siapa ia berjalan. Karena itu, hendaklah engkau memperhatikan siapa yg hendak dijadikan kawan"

Dengan demikian, jelaslah kepada qta bahwa setiap Mu'min wajib mencntai orang² yg gemar berbuat kebajikan, orang² yg patuh pada perintah agama, orang² yg berilmu, dan orang² yg lurus jalannya.

Di samping itu, hendaklah ia membenci sifat orang² yg suka membuat kemunkaran, orang² yg melanggar perintah agama, dan orang² yg dzalim dan fasik.

Berkata Sayyidina Ali bin Abu Thalib

Bukanlah seorang pemuda yang membanggakan harta dan kedudukan ayahnya, tetapi seorang pemuda yang berkata inilah aku (Beramal Shaleh).

0 komentar:

Posting Komentar