Jumat, 13 Desember 2013

Yang Sedikit, Yang Besar Pahalanya

Ketahuilah, bahwa kebajikan yg sedikit itu dipandang besar di sisi اَللّهُ سبحانه وتعالى, dan setiap usaha baik yg anda kerjakan adalah sedekah.

Karena itu, jangan sekali² memperkecil arti sesuatu yg anda lakukan dari kebajikan, sehingga karenanya anda berhenti melakukannya.

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم telah bersabda, "Jangan sekali² kamu memandang rendah sesuatu kebajikan yg anda lakukan, betapa pun kecilnya, meski bertemu dengan saudaramu dengan wajah yg manis.

Dan sedekahkanlah sesuatu di pagi hari, walaupun sedikit saja, dan jadikanlah sedekah itu pada pagi hari, karena sesungguhnya bala' itu tidak akan menyusuli sedekah !"

Maksud Hadist tersebut, sbagaimana diriwayatkan ialah, bahwa sedekah itu akan menjadi dinding antara anda dengan bencana yg datang menuju anda.

Rasulullah صلى الله عليه وآله وسلم bersabda, "Bersegeralah dalam bersedekah, karena sedekah itu tidak dilewati oleh bencana" (HR. Ath-Thabrani)

Jika seorang peminta sedekah datang meminta sedekah kepadamu, janganlah engkau menolaknya sama skali, malah hendaknya engkau memberi, walo sedikit.

Jika engkau tidak mampu memberi, jangan pula engkau menghardik, apalagi mencaci makinya.

Hendaklah engkau menolaknya dengan lemah lembut dan wajah yg manis.

Karena, sekiranya ia menghardik peminta² itu dengan sekali hardikan, lalu memberikan separuh hartanya sesudah hardikan itu, niscaya dosa hardikan itu lebih berat ketimbang pahala harta yg diberikannya tadi, ato sekurang²nya, pahala harta yg diberikannya itu tidak bisa mengimbangi dosa hardikan tadi !!

Perhatikan, jangan anda menolak peminta sedekah yg pertama datang kepada anda,, Ingatlah baik² !!

0 komentar:

Posting Komentar