Selasa, 30 Juli 2013

Dialog dengan iblis (part1)


Pada suatu hari, ketika Rasulullah hendak memasuki masjid, beliau melihat iblis berada dipintu masjid. maka, Rasulullah menegurnya, " wahai iblis, apa yang sedang kamu lakukan disini?”
“aku hendak masuk masjid dan merusak shalatnya orang itu. Tetapi, aku merasa takut terhadap orang yang sedang tidur disitu!” kata iblis sambil menunjuk seseorang yang sedang tertidur di masjid.
Rasulullah bertanya lagi, “wahai iblis, mengapa engkau takut terhadap orang yang sedang tidur dan tidak kepada orang yang sedang sholat dan bermunajat kepada Allah?”
“orang yang sedang sholat tersebut adalah orang yang bodoh (tidak mengetahui syarat hukumnya shalat, tuma’nunah, dan tidak bisa sholat dengan khusyuk). Untuk merusak sholatnya, bagiku sangat mudah. Sedangkan orang yang sedang tidur itu adalah orang yang alim, maka jika aku merusak sholatnya orang bodoh itu, aku khawatir, dia akan membangunkan orang yang sedang tidur itu dan kemudian mengajari dan membetulkan sholatnya orang bodoh tadi!” jawab iblis yang licik itu.
Oleh karna itulah Rasulullah pernah bersabda : “tidurnya orang alim itu lebih baik dari pada ibadahnya orang yang bodoh”

0 komentar:

Posting Komentar